Jelaskan apa yang dimaksud dengan ketahanan nasional?

Sebagai suatu kondisi, Ketahanan Nasional merupakan kondisi dinamis bangsa yang berisi ketangguhan serta keuletan dan kemampuan bangsa untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, yang mengancam dan …

Apa yang menjadi tantangan ketahanan nasional Indonesia saat ini?

Ketahanan nasional Indonesia mengalami tantangan baik internal maupun eksternal, tantangan saat ini adalah pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Sementara di sisi lain, Covid-19 tidak hanya memunculkan ancaman kesehatan masyarakat dan ekonomi, namun juga ketahanan pangan.

Apa tujuan ketahanan nasional Indonesia?

Ketahanan nasional suatu bangsa mungkin berbeda dari satu bangsa dengan bangsa lainnya, namun yang pasti, tujuannya sama yakni melindungi segenap bangsa dan mencapai suatu keamanan dan kesejahteraan.

Apa yang menjadi hakekat ketahanan nasional?

Pada hakikatnya ketahanan nasional adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan negara.

Apa itu ketahanan nasional brainly?

Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar.

Sejak kapan munculnya konsep ketahanan nasional di Indonesia?

Sebagai konsepsi yang khas Indonesia, gagasan tentang ketahanan nasional muncul di awal tahun 1960-an sehubungan dengan adanya ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia, yakni meluasnya pengaruh komunisme dari Uni Sovyet dan Cina.

Apa saja contoh dari ketahanan nasional?

Hal pertama yang menjadi contoh nyata ketahanan nasional dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan menjaga keamanan lingkungan. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan melaporkan kepada ketua RT atau RW setempat jika ada hal-hal yang mencurigakan di lingkungan tersebut.

Apa saja dimensi ketahanan nasional?

Pada dasarnya ketahanan nasional mengandung dua dimensi nilai, yaitu nilai kondisi dan nilai konsepsi.

Apa yang dimaksud dengan Ketahanan Nasional Bagaimana cara mewujudkan ketahanan nasional jelaskan?

Jawaban: Ketahanan Nasional adalah suatu Prinsip yang dilakukan untuk menjaga keselamatan dan pertahanan didalam negara maupun diluar negara. Ketahanan nasional harus kita lakukan, karna kita sebagai warga negara wajib melindungi negara dengan persatuan warga dari seluruh Indonesia.

Bagaimanakah sejarah lahirnya Ketahanan Nasional?

Gagasan tentang Ketahanan Nasional bermula pada awal tahun 1960an pada kalangan militer angkatan darat di SSKAD yang sekarang bernama SESKOEAD (Sunardi, 1997) masa itu adalah sedang meluasnya pengaruh komunisme yang berasal dari Uni Soviet dan Cina.

Secara etimologi apa arti kata Ketahanan Nasional?

Ketahanan nasional secara etimologi dapat diartikan sebagai mampu, kuat, dan tangguh dari sebuah bangsa dalam pengertian politik.

Apa itu ketahanan nasional dan contohnya?

Ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, secara langsung maupun yang tidak …

Apakah negara Indonesia memiliki ketahanan nasional?

Oleh karena itu, ketahanan nasional itu sangat penting dimiliki oleh warga Negara Indonesia, agar bisa mengatasi dan melawan ancaman yang mengancam Negara kita ini. Dan agar Negara kita juga menjadi aman dan tentram dari ancaman Negara lain. Jangan sampai Negara kita yang kaya ini diambil alih oleh Negara lain.

Apakah Ketahanan Nasional merupakan kondisi umum?

Ketahanan nasional merupakan gambaran dari kondisi sistem (tata) kehidupan nasional dalam berbagai aspek pada saat tertentu. Tiap-tiap aspek relatif berubah menurut waktu, ruang dan lingkungan terutama pada aspek-aspek dinamis sehingga interaksinya menciptakan kondisi umum yang sulit dipantau karena sangan komplek.

Apa yang mempengaruhi ketahanan nasional?

Contoh -contoh aspek yang mempengaruhi ketahanan nasional meliputi : Pengaruh Aspek IdeologiIdeologi adalah sistem nilai yang merupakan kebulatan ajaran yang memberikan motivasi. Dalam ideologi terkandung konsep dasar tentang kehidupan yang dicita-citakan oleh bangsa.

Siapa wawasan dan ilmu tentang Ketahanan Nasional?

Menambah wawasan dan ilmu tentang ketahanan nasional Semoga setelah pembaca membaca makalah ini apa yang menjadi tujuan penulisan makalah ini dapat tercapai.e.